5 Jenis Karakteristik Audiens Sebuah Bisnis Online Shop
Ada 5 jenis karakteristik audiens yang perlu diperhatikan saat menjalankan sebuah bisnis online shop, diantaranya:
1. The Supportive Person
Audiens yang cenderung suportif pada kegiatan bisnis. Sikap suportif ini diartikan bahwa mereka cenderung setuju dan mendukung konten-konten yang dibuat online shop. Mereka akan memberi komentar atau feedback positif pada konten atau campaign yang dilakukan online shop.
Hal yang perlu diingat adalah membuat the supportive person tidak hanya setuju atau memberi respon positif pada konten online shop, tetapi juga melakukan tindakan seperti membagikan konten kepada user lain hingga melakukan pembelian.
2. The Hostile Person
Audiens yang cenderung tidak friendly atau ramah, kebalikan dari the supportive person. Mereka cenderung tertutup untuk mengetahui konten-konten dari online shop. Selain itu, ada juga kemungkinan mereka menunjukkan sikap tidak setuju pada konten yang dibuat online shop.
The hostile person bisa meninggalkan komentar negatif atau kritik secara terang-terangan pada konten online shop. Contohnya sebuah online shop membuat konten demonstrasi menggunakan alat elektronik seperti pemanggang dan kompor listrik, the hostile person memberi komentar kalau harga dari produk yang dijual sangat mahal.
Sedangkan harga dari sebuah produk adalah hal yang relatif dan tidak bisa disama ratakan. Jika ada komentar tersebut, ada kemungkinan audiens yang sebenarnya mampu membeli jadi ikut merasa produk mahal dan tidak jadi membeli.
Cara untuk menghadapi The Hostile Person adalah dengan tidak membalas komentar mereka dengan sikap tidak terima. Tunjukkan bahwa online shop menghargai pendapat mereka lalu beri penjelasan dengan ramah. Misalnya, the hostile person memberi komentar produk yang mahal, bisa dibalas dengan penjelasan kelebihan-kelebihan produk dibandingkan produk lain.
3. The Indifferent Person
Audiens yang acuh tak acuh atau apatis. Tipe audiens ini mengetahui konten yang dibuat online shop, tetapi memilih untuk tidak peduli dan menganggap itu bukan urusan mereka. Untuk menghadapi the indifferent person bisa dilakukan dengan membuat konten yang lebih engaging seperti membuat konten kolaborasi dengan audiens dan mengadakan give away.
Cara lain yang bisa digunakan adalah membuat konten yang menyentuh sisi emosial seperti empati dengan membagikan proses produksi, tim dibalik bisnis, atau proses kreatif. Dengan mengetahui kalau bisnis yang dijalankan online shop perlu banyak kerja keras, the indifferent person bisa saja tertarik dan menjadi lebih mendukung online shop tersebut.
4. The Uninformed Person
Audiens yang tidak tahu atau tidak mengerti tentang konten-konten yang dibuat online shop. Bisa jadi mereka akan meninggalkan pertanyaan di kolom komentar atau mengirim pesan melalui direct message. ]Jika ada audiens yang memberikan pertanyaan, manfaatkan kesempatan ini untuk menjawab dan memberikan penjelasan hingga audiens tersebut paham.
Hindari membiarkan pertanyaan dari audiens tidak terjawab, selain online shop akan kehilangan audiens tersebut, audiens lain juga akan menilai kalau online shop tidak aktif memberikan respon.
5. The Stubborn Person
Audiens ini dikenal keras kepala, cenderung memegang teguh pandangan dan pemikirannya. Sering kali the stubborn person menolak pandangan orang lain bahkan meskipun dia sudah terbukti salah. Audiens ini umumnya tertutup dan menolak informasi yang besebrangan dengan dirinya.
Berbeda dengan the indifferent person yang terlihat tidak peduli, the stubborn person umumnya terlihat ramah dan peduli namun menolak saat decision making seperti untuk melakukan pembelian. Untuk menghadapi audiens ini, lupakan kalau mereka keras kepala sehingga akan tidak mudah menyerah dan beri apresiasi pada pemikiran dan pendapat mereka.
Selain itu, hindari untuk menyampaikan kalau pendapat mereka salah, namun beri penjelasan perlahan agar mereka mau mendengarkannya.
Itulah sedikit pembahasan singkat mengenai 5 Jenis Karakteristik Audiens Sebuah Bisnis Online Shop, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "5 Jenis Karakteristik Audiens Sebuah Bisnis Online Shop"