Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Agar Bisa Menarik HRD

Memperoleh posisi strategis dalam pekerjaan di perusahaan idaman adalah impian semua pencari kerja. Satu hal yang sangat penting dalam tahap pertama atau administrasi adalah penyeleksian berkas, termasuk riwayat hidup atau curriculum vitae calon karyawan. 

Bagaimana pun,curriculum vitae adalah citra yang dapat menggambarkan secara singkat kompetensi dan daya jual calon pegawai. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas untuk membuat cv yang menarik.

Berikut beberapa tips cara membuat Curriculum Vitae (CV) agar bisa menarik HRD untuk fresh graduates dan profesional:

  1. Selalu tulis nama lengkap, alamat lengkap, nomor telpon yang mudah untuk dihubungi, dan email.
  2. Foto: pas foto. Pakai jas dan dasi kalau perlu Pergilah ke studio foto dan bikin satu foto yang bagus untuk investasi Anda ketika melamar pekerjaan. 
  3. Email: jangan cantique@gmail.com atau keren1990@yahoo.com. Anda kan sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan, jadi sebaiknya hindari alamat email yang terlalu personal. Buatlah satu akun email dengan nama asli Anda untuk keperluan resmi. Nama lengkap. Kalau nama lengkap kamu ternyata sudah tidak available boleh pakai tahun lahir atau tanggal lahir, contoh: billy13@gmail.com. 
  4. Untuk fresh graduate, tulis mata kuliah yang related dengan posisi atau industri yang ingin kamu apply. Misal kamu apply ke banking di bagian akunting, maka tulis nama mata kuliah yang pernah kamu ambil di kampus: (misal) Akuntansi Dasar.
  5. Kalau kamu sudah pernah kerja, tulis: Accomplishments! Ini lebih penting daripada Job Descriptions!
  6. Untuk fresh graduate, cukup 1 lembar CV. Maksimum 2 lembar.
  7. Untuk yang sudah berpengalaman 5 tahun - 10 tahun, buat maksimum 2 lembar.
  8. Untuk yang sudah punya pengalaman 10 tahun ke atas, buat maksimum 3 lembar.

Kalau lebih dari maksimum emang kenapa? 

Malas bacanya! CV fresh graduate yang 3-5 lembar Isinya jadi tidak bermutu, banyak yang tidak menunjang kredibilitasnya dan tidak ada hubungannya sama posisi yang sedang di apply. Hapus yang tidak penting. Ingat, CV yang baik tidak menjamin Anda akan dapat kerja. Ini salah kaprah terbesar diantara mereka yang sedang mencari kerja. 

Ini step-step proses membuat CV yang baik:

  1. Cover Letter yang baik (men-summarize CV) akan membuat HR mau membaca CV terlampir
  2. CV yang baik akan membuat HRD ingin menggali lebih lanjut si pemilik CV, alias akan terjadi pemanggilan interview
  3. Interview yang baik baru akan membuat si applicants mendapat tawaran kerja.

Tips terakhir untuk membuat CV yang tepat

buatlah secara teliti, jangan sampai ada typo (salah ketik), dan take your time. Jangan terburu-buru.  Kenapa? Karena CV ini akan membantu kecerahan masa depan Anda.

Itulah sedikit pembahasan singkat mengenai cara membuat Curriculum Vitae (CV) untuk fresh graduates dan profesional agar bisa menarik HRD, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Agar Bisa Menarik HRD"