Memanfaatkan Instagram Reels untuk Promosi Bisnis Online Shop
Instagram Reels merupakan fitur baru Instagram yang dirilis pada bulan Juni 2021. Fitur Instagram Reels dapat digunakan oleh user untuk membuat dan menikmati video pendek, lengkap dengan musik pengiring, teks, kumpulan foto maupun berbagai filter. Durasi video pada Instagram Reels minimal 3 detik dan maksimal 30 detik.
Fitur yang tersedia dalam Instagram Reels juga cukup beragam seperti:
- Multiple recording
- Music background
- Timer
- Rekaman suara
- AR effect (Augmented Reality Effect)
- Text
- Sticker dan GIF
User dapat menemukan konten Instagram Reels dengan berbagai cara yaitu:
- Melihat pada feeds Instagram untuk melihat Instagram Reels yang dibuat oleh kreator video yang sudah di-follow
- Mencari audio yang digunakan oleh kreator video lain untuk melihat referensi video-video lain
- Menggunakan hashtag dengan keyword tertentu untuk melakukan pencarian video Reels yang berkaitan dengan keyword
- Membuka menu Explore Instagram untuk melihat trending Reels dari kreator video lain, baik yang sudah di-follow maupun belum.
Memanfaatkan Instagram Reels untuk Promosi Online Shop
Fitur Instagram Reels sedang populer bagi user Instagram. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk promosi online shop. Promosi dapat dilakukan dengan membuat konten video pendek tentang bisnis anda. Ada beberapa alasan kenapa Instagram Reels bisa digunakan untuk promosi online shop:
1. Meningkatkan Popularitas Toko
Ada banyak user yang bisa dijangkau karena Instagram Reels akan masuk pada menu Explore sehingga memungkinkan untuk dilihat oleh user yang bukan merupakan followers online shop.
2. Boost Post Instagram dan Follower
Instagram Reels yang dibuat akan masuk ke halaman Feed dan Explore. Gunakan Hashtag dengan keyword relevan agar lebih mudah ditemukan. Jika konten Instagram Reels yang sudah di-post disukai oleh user/audience maka mereka akan berkunjung ke profil Instagram untuk melihat konten lain. Hal ini juga memungkinkan mereka follow Instagram yang membuat konten Reels tersebut.
3. Media untuk kolaborasi dengan user lain
Membuat video pendek di Instagram Reels memungkinkan kreator untuk berkolaborasi dengan konten kreator lain maupun audiens. Contohnya dengan membuat video kompilasi video unboxing dari beberapa konsumen.
Lalu bagaimana cara menggunakan Instagram Reels untuk promosi online shop?
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:
- Kenali fitur Instagram Reels agar dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk membuat konten video pendek
- Kenali target audiens untuk menyesuaikan konten yang dibuat dengan audiens. Misalnya, jika menjual hijab dengan target audiens berumur 20 hingga 30 tahun maka bisa menggunakan model dengan umur yang sesuai dengan range tersebut.
- Buat konten plan agar konten yang dibuat tidak monoton.
- Menyampaikan pesan-pesan unik,
- Mengikuti trending topik yang sesuai dengan brand,
- Membuat video lugas, tidak bertele-tele dan menggunakan soft selling,
- Bagikan proses kreatif dan behind scenes footage,
- Video yang perkenalkan tim atau orang-orang yang terlibat dalam bisnis,
- Tunjukkan produk dengan memberi highligh pada keunikan dan detail produk serta kegunaannya
- Memberi konten yang mengedukasi audiens
- Video demonstrasi bagi produk yang memerlukannya
- Fokus pada engagement (interaksi) dengan user yang menjadi konsumen. Contoh yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi diskon eksklusif pada penonton Instagram Reels dan mengadakan give away lalu mengumumkan hasilnya pada Instagram Reels
Posting Komentar untuk "Memanfaatkan Instagram Reels untuk Promosi Bisnis Online Shop"