Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Iklan Facebook Ads Untuk Bisnis Sehingga Menghasilkan Cuan

Menambahkan Saldo pada Akun Facebook Ads. Pertama-tama, buka Facebook Ads manager, lalu pilih setting. Setelah itu kita pilih “Payment Setting” dan “Add Money”.

Teman-teman bisa memilih metode pembayarannya, lalu memilih berapa banyak saldo yang akan diisi. Nah berikut ini contoh payment code. Payment code ini kita gunakan untuk mentransfer uang dari ATM kita ke saldo Facebook kita.

Mengenal Istilah-Istilah pada Dashboard Facebook Ads. 

  1. Ad adalah iklan yang ditampilkan. Terdiri dari visual, teks, dan CTA (Call to Action). 
  2. Ad Account memiliki hampir semua informasi yang mungkin kamu butuhkan. Ditemukan di halaman Facebook Business Manager, Ads Account mengelompokkan semua informasi yang relevan untuk iklanmu, dari campaign, ad set dan juga hal-hal manajemen bisnis yang lebih rumit seperti billing info.
  3. Ad Campaign. Kampanye terdiri dari Ad set dan Ads. Di level ini dapat memilih 1 dari 11 tujuan kampanye (misalkan: brand awareness, lead generation, conversions). 
  4. Ad Set terdiri dari Ads/iklan. Di level ini dapat memilih target audiens, budget, bidding, jadwal, placement, dan platform. 
  5. Ad Set Budget akan Memberi kamu kendali untuk memutuskan berapa banyak uang yang harus diperoleh setiap Adset.
  6. Ad Fatigue terjadi ketika audiens terlalu sering melihat iklan sehingga mereka bosan dan hilang ketertarikan. Cirinya adalah CTR (Click-through-Rate) yang menurun namun frekuensi meningkat. 
  7. Ad Auction adalah sistem lelang di mana Facebook memilih satu di antara banyak iklan untuk ditampilkan ke target audiens berdasarkan bid pengiklan dan ad performance.
  8. App Install adalah Tujuan kampanye agar audiens mengunduh aplikasi. 
  9. Audience adalah Kelompok orang yang melihat iklan. 
  10. Amount Spent adalah Total biaya yang dibayarkan untuk sebuah kampanye. 
  11. A/B Testing adalah Eksperimen yang membandingkan dua versi dari sebuah variabel untuk mengetahui performa yang lebih baik. Dikenal juga sebagai Split Testing.
  12. Brand awareness adalah tujuan kampanye untuk meningkatkan pengetahuan audiens terhadap brand.
  13. Bid adalah biaya yang rela dikeluarkan setiap mencapai hasil yang diinginkan dan akan bertanding dengan pengiklan lainnya saat ad auction. 
  14. Budget adalah total biaya yang disediakan untuk kampanye. 
  15. Business Manager adalah Tool yang memungkinkan kamu untuk mengelola beberapa Facebook page, aset bisnis dan akun iklan, serta akun Instagram dan katalog produk, di satu tempat.
  16. Behavior adalah Target audiens berdasarkan perilakunya.
  17. Boost Post adalah Tombol yang ada pada post organik Facebook untuk menjangkau lebih banyak orang. Berbiaya dan post akan muncul sebagai "Sponsored Post".
  18. Bid Cap adalah Strategi bidding untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa melebihi batas maksimum bid yang ditetapkan pengiklan.
  19. Custom Audience adalah Target audiens berdasarkan interaksinya dengan bisnis.
  20. CBO (Campaign Budget Optimization) adalah Strategi budgeting yang pengaturan budget ditetapkan di level kampanye, agar bisa dialokasikan otomatis oleh Facebook ke setiap Adset sesuai dengan performanya.
  21. Click adalah Jumlah klik pada iklan.
  22. Conversions adalah Konversi adalah aksi pelanggan yang berkontribusi dengan tujuan bisnis.
  23. Carousel adalah Format iklan yang bisa memiliki 2-10 visual dalam sebuah postingan.
  24. Collection adalah Format iklan yang menghubungkan langsung dengan Katalog Facebook .
  25. CPM (Cost per Mille) adalah Biaya rata-rata yang dikeluarkan setiap 1000 kali iklan dilihat.
  26. CPC (Cost per Click) adalah Biaya rata-rata yang dikeluarkan setiap seseorang mengklik iklan.CPA (Cost Per Action/Result) adalah Biaya yang dikeluarkan untuk setiap hasil yang diinginkan).
  27. CTR (Click-Through Rate) adalah Persentase audiens yang mengklik iklan dibanding yang melihatnya. Rumus: click/impression x 100%.
  28. CTA (Call-To-Action) adalah Frasa yang mengajak pelanggan untuk mengambil langkah berikutnyaDi Facebook Ads, ada opsi "CTA button".
  29. Catalogue Sales adalah Tujuan kampanye agar audiens berbelanja melalui Katalog Facebook .
  30. Cost Cap adalah Strategi bidding untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa melebihi Cost per Action (CPA) yang ditetapkan pengiklan.
  31. Daily Budget adalah Budget harian yang disediakan untuk sebuah Adset. Ketika sudah mencapai batas maksimal, maka pengiklanan akan berhenti untuk hari itu.
  32. Demographic adalah Target audiens berdasarkan demografis.
  33. Dynamic Ads adalah Teknologi Machine Learning Facebook akan memilih dan mengiklankan produk yang paling sesuai dengan interest dan intent dari target audiens di antara banyak produk lainnya di katalog Facebook .
  34. Event Tracker adalah Kode di bawah pixel yang disertakan di website untuk mendeteksi suatu "aktivitas.”
  35. Engagement adalah Interaksi audiens dengan sebuah iklan. Tujuan kampanye agar menjangkau audiens yang kemungkinan berinteraksi dengan postingan brand.
  36. Frequency adalah Frekuensi rata-rata setiap audiens melihat sebuah iklan. Jika mencapai angka 3, iklan harus segera diganti karena audiens bisa merasakan "Ad fatigue"
  37. Facebook Ads Manager adalah Tool untuk mengatur kampanye iklan Facebook yang memiliki dashboard untuk melihat hasil kampanye iklannya.
  38. Facebook Pixel adalah Kode yang disertakan dalam website agar Facebook dapat mengamati traffic dan melakukan optimasi pada kampanye.
  39. Interest adalah Target audiens sesuai dengan ketertarikannya.
  40. Impression adalah Jumlah iklan ditampilkan di layar.
  41. Lead Generation adalah Tujuan kampanye agar mendapatkan prospek pelanggan.
  42. Lifetime Budget adalah Budget yang disediakan untuk rentang waktu yang ditentukan dalam sebuah Adset.
  43. Lookalike Audience adalah Target audiens yang mirip dengan audiens atau pelanggan yang dimiliki. Bisa memilih tingkat kemiripan dari 1-10%.
  44. Link Clicks adalah Jumlah klik pada iklan yang mengarahkan audiens ke destinasi di luar Facebook .
  45. Lowest Cost adalah Strategi bidding untuk mendapatkan hasil maksimal dengan budget yang disediakan. Pengiklan tidak bisa menetapkan batas biaya.
  46. Messages adalah Tujuan kampanye agar audiens kontak brand via Messenger, WhatsApp, atau Direct Message.
  47. Potential reach adalah Estimasi jumlah audiens yang akan dijangkau. Facebook memperkirakan berdasarkan jumlah audiens aktif, sesuai dengan target dan budget yang disediakan pada level Adset.
  48. Placement adalah Tempat iklan akan muncul.
  49. Platforms adalah Platform termasuk Facebook , Messenger, Instagram, dan Audience Network.
  50. Primary Text adalah Teks caption yang akan ditampilkan pada iklan.
  51. Promote Button adalah Tombol yang ada pada post Instagram untuk menjangkau lebih banyak orang. Berbiaya dan hanya ada pada akun bisnis.
  52. Prospecting Campaign adalah Kampanye yang digunakan untuk menargetkan calon pelanggan atau orang yang belum pernah mendengar tentang kamu sebelumnya.
  53. Reach adalah Jumlah audiens yang melihat suatu iklan. Berbeda dengan impression yang dapat menampilkan satu iklan beberapa kali ke audiens yang sama.
  54. Reengagement Campaign adalah Kampanye yang digunakan untuk menargetkan calon pelanggan yang sudah pernah berinteraksi dengan content atau Ads kamu sebelumnya (warm audience). Contoh audiens adalah yang sudah pernah visit landing page kamu atau like content Instagram kamu. Terkadang disebut juga Retargeting.
  55. Remarketing Campaign adalah Kampanye yang menargetkan audience yang sudah sangat dekat dengan ujung marketing funnel. Contoh audience, orang yangsudah view content atau product, sudah add to cart tapi belum beli, dan sudah initiate checkout tapi belum beli.
  56. Retargeting adalah Teknik pengiklanan yang menargetkan iklan pada audiens yang sudah pernah berinteraksi dengan brand/bisnis. Terkadang disebut juga Reengagement.
  57. ROAS (Return on Ad Spend) adalah Mengukur keuntungan dari iklan.
  58. Social Proof adalah Istilah yang digunakan untuk menyatakan engagement pada iklan.
  59. Store Traffic adalah Tujuan kampanye yang menargetkan audiens yang akan mengunjungi toko fisik saat di area tersebut.
  60. Traffic adalah Jumlah pengunjung website/landing page. Tujuan kampanye yang mengarahkan audiens ke destinasi lain.
  61. Video Views adalah Tujuan kampanye yang menargetkan audiens yang akan menonton video.

Posting Komentar untuk "Membuat Iklan Facebook Ads Untuk Bisnis Sehingga Menghasilkan Cuan"