Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Perencanaan Konten Instagram Untuk Bisnis Online Shop

Merencanakan Konten Instagram. Sekarang, kamu akan belajar membuat perencanaan konten Instagram untuk bisnis online shop kamu. Jika kamu belum memiliki online shop, kamu bisa menggunakan latihan ini sebagai persiapan membuat konten untuk online shop yang akan kamu bangun.

1. Profil

Dalam membuat profil, kamu perlu memilih username, keyword (kata kunci) atau tagline yang biasa ditulis di bio Instagram. Selain itu kamu perlu memasukkan kontak dan link yang menghubungkan pengguna ke situs web atau marketplace yang kamu gunakan. Masih ingat kan tips untuk menentukan ini? Kalau kamu lupa, coba tonton kembali video ‘Membuat Profil Online Shop yang Baik’ lalu isilah Nama Username, Keyword, Kontak/wa dan Multilink dibawah ini.

Nama username:    

Keyword/Tagline:

Kontak (no Whatsapp/email untuk pelanggan): 

Multilink yang akan digunakan (jika dibutuhkan):


2. Riset

Di era digital sekarang, persaingan bisnis online shop semakin sengit karena mudahnya membangun dan mencapai banyak calon pelanggan. Salah satu faktor penting dalam membuat konten Instagram adalah waktu posting. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk posting, lakukanlah riset tentang kompetitor kamu. Perhatikan poin-poin dibawah ini, lakukan riset, dan isilah di Tabel 1 yang tersedia.

Jika kamu sudah memiliki akun bisnis Instagram untuk online shop kamu. Kamu bisa menggunakan fitur Instagram Insights yang tersedia di akun kamu secara gratis untuk mengecek kapan follower kamu aktif menggunakan media sosial tersebut. Kamu bisa mengakses dengan:

  • Klik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas aplikasi
  • Klik Insights
  • Klik Audience lalu scroll ke bawah untuk melihat Followers


3. Kalender Konten

Sesudah kamu mengetahui kapan waktu posting yang tepat, sekarang kamu akan belajar merencanakan jenis-jenis konten dan kapan konten ini akan di-post di Instagram online shop kamu. Apakah kamu masih ingat jenis konten apa saja yang tepat untuk online shop? JIka lupa, kamu bisa menonton kembali video ‘Jenis Konten yang Tepat untuk Online’ ya!

Ilustrasi 1 adalah contoh pengisisan konten kalender. Ingat, penting untuk memiliki jenis konten yang berbeda dan mengatur jadwal posting-nya supaya follower tidak mudah bosan dengan konten kamu. Hal ini akan membantu engagement (keterikatan) follower kamu pada produk-produk di online shop kamu. Kamu bisa memulain perencanaan konten Instagram di lembar kerja 1 (halaman 4). 

Tentukan berdasarkan jenis konten kamu miliki dulu ya! Baru kamu bisa kembangkan jenis konten mana lagi yang dibutuhkan. 

Itulah sedikit pembahasan singkat mengenai Membuat Konten Instagram Untuk Bisnis Online Shop, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat Perencanaan Konten Instagram Untuk Bisnis Online Shop"